Kandungan Gizi

Perbandingan Kandungan Gizi Bebek dan Ayam

Graham Ulmer, seorang penulis jurnal “Medicine Militer” dalam sebuah tulisannya membahas nilai gizi atau nutrisi dari bebek dan ayam, yang sama-sama tergabung dalam keluarga unggas. Berikut bahasannya:

ayam-bebek

Kalori

Dalam 3.5 oz (atau setara dengan satu ons) daging ayam segar bagian dada mengandung 172 kalori. Sedangkan daging bebek mengandung 211 kalori.

Lemak dan Kolesterol

Jumlah lemak sebanding dengan kalori yang dihasilkannya. Oleh sebab itu bebek menghasilkan kalori lebih banyak karena lemaknya memang lebih banyak jika dibandingkan dengan ayam. Dalam 1 ons daging bebek memiliki kandungan lemak 15 gram sedangkan ayam mengandung lemak sekitar 9 gram. Lemak jenuh yang dikandung daging bebek juga cukup tinggi yaitu sekitar 5 gram per porsi, dan ayam mengandung lemak jenuh sebesar 2,7 gram. Kolesterol dalam daging bebek 80 mg, sedangkan dalam daging ayam mengandung kolesterol sebesar 64 mg.

Protein

Protein dalam daging ayam dan bebek tidak berbeda jauh nilainya. Protein daging bebek sekitar 20 gram, sedangkan pada ayam 22 gram per porsi.

Mineral

Daging bebek memiliki zat besi yang tinggi hingga mampu memenuhi sekitar 50% kebutuhan harian zat besi dalam tubuh orang dewasa. Sedangkan daging ayam hanya memenuhi sekitar 9% dari kebutuhan harian kita. Zat besi penting untuk pembentukan hemoglobin dan regenerasi sel darah merah. Zat fosfor juga diperlukan oleh tubuh untuk membantu pembentukan sel tulang dan gigi. Satu porsi daging ayam mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh akan zat fosfor sebanyak 25% dan bebek memenuhi hingga 36% kebutuhan fosfor harian pada manusia dewasa.

Vitamin

Vitamin yang banyak terdapat pada daging unggas adalah vitamin B. Vitamin B berfungsi untuk mengubah karbohidrat dan nutrisi lain menjadi energi serta berfungsi untuk mempertahankan kekebalan tubuh. Vitamin B-niacin pada daging ayam mampu memenuhi hingga 60% kebutuhan harian tubuh orang dewasa. Sedangkan daging bebek hanya mampu mensuplai 22% vitamin B-niacin kebutuhan harian tubuh. Walaupun daging bebek mengandung sedikit vitamin B-niacin tetapi secara umum vitamin B yang dikandung 1 porsi daging bebek lebih banyak dari pada daging ayam. Daging bebek juga masih mengandung vitamin C dan anti oksidan juga walaupun dalam jumlah sedikit. Sedangkan daging ayam hampir  tidak mengandung vitamin C.

Bebek-Tabulasi

(diambil dari: arcava.blogspot.com)

 

 

Nilai Gizi Daging Bebek

Saat ini variasi olahan daging bebek semakin mudah kita jumpai. Lidah kita pun semakin dimanjakan dengan bermacam-macam masakan berbahan dasar daging bebek. Tak hanya digoreng, tetapi mengolah daing bebek juga dipanggang, dibakar, hingga diberi olesan madu. Namun, tahukah Anda ternyata selain citarasanya yang lezat dan gurih, daging bebek pun memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Selain rasanya yang nikmat, daging bebek juga diperkaya dengan berbagai macam zat gizi yang berguna bagi kesehatan, di antaranya adalah:

Protein

Seperti halnya unggas lainnya, daging bebek pun merupakan sumber protein hewani yang baik. Dalam tiap 100 gram daging bebek panggang tanpa kulit mengandung 23,5 gram protein atau mencukupi sekitar 47% kebutuhan protein harian Anda.

Lemak

Daging bebek memiliki kandungan lemak sehat. Komposisi lemak pada daging bebek mengandung 35,7% lemak jenuh, 50,5% lemak tak jenuh tunggal (tinggi dalam asam linoleat) dan 13,7% lemak tak jenuh ganda (yang mengandung lemak esensial Omega 6 dan Omega 3). Jadi, selama dikonsumsi dalam jumlah secukupnya, daging bebek akan cukup memasok lemak sehat bagi tubuh Anda.

Vitamin

  • Riboflavin – Tiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,5 mg riboflavin atau memenuhi 28% dari kebutuhan sehari Anda, yang penting untuk membantu melepaskan energi dari makanan serta mempertahankan kesehatan kulit dan rambut.
  • Niacin – Dalam 100 gram daging bebek panggang, terkandung 5,1 mg niacin (25% kebutuhan niacin sehari). Niacin berguna untuk membantu kesehatan kulit, sistem saraf dan sistem pencernaan.
  • Tiamin – Sekitar 0,3 mg tiamin ditemukan dalam 100 gram daging bebek panggang (17% kebutuhan), yang penting untuk metabolisme energi serta fungsi saraf dan otot.
  • Asam Pantotenat – Dengan mengkonsusmi 100 gram daging bebek panggang, akan memasok tubuh Anda dengan 1,5 mg asam pantotenat (15% kebutuhan harian). Vitamin ini sangat berperan untuk menjaga komunikasi antar sistem saraf dan reaksi enzimatik tubuh lainnya.
  • Vitamin B6 – Tiap 100 gram daging bebek panggang mengandung 0,3 mg vitamin B6 atau memenuhi 13% dari kebutuhan sehari kita. Vitamin yang disebut juga dengan piridoksin ini berperan dalam metabolisme asam amino dan asam lemak.
  • Vitamin B12 – Daging bebek juga merupakan sumber vitamin B12 yang baik, yang penting untuk mencegah anemia, dengan kandungan sebanyak 0,4 mcg vitamin B12 (memenuhi 7% kebutuhan) dalam tiap 100 gram daging bebek panggang.

Mineral

  • Selenium – Selenium adalah mineral yang juga bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh Anda. Dan dalam 100 gram daging bebek panggang mengandung 22,4 mcg selenium (32% kebutuhan).
  • Fosfor – Sekitar 203 mg fosfor (memenuhi 20% kebutuhan harian) akan Anda dapatkan dengan mengkonsumsi 100 gram daging bebek panggang. Fosfor adalah mineral penting untuk proses mengubah makanan menjadi energi dalam tubuh Anda.
  • Zinc – Makanan hewani termasuk sumber zinc yang baik, termasuk juga daging bebek. Setiap mengkonsumsi 100 gram daging bebek panggang, Anda akan mendapat asupan zinc sebesar 2,6 mg (17% kebutuhan). Zinc dibutuhkan untuk membantu sistem imun tubuh dan diperlukan untuk sintesis DNA.
  • Zat besi – Ada sekitar 2,7 mg zat besi yang terkandung dalam 100 gram daging bebek panggang (15% kebutuhan). Zat besi penting bagi pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah sehingga mencegah anemia.
  • Tembaga – Konsumsi 100 gram daging bebek panggang akan memasok 0,2 mg tembaga dalam tubuh Anda (12% kebutuhan harian). Mineral ini penting untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.
  • Sodium – Kandungan sodium dalam daging bebek tergolong cukup rendah, karena hanya mencapai 65 mg per 100 gram daging bebek panggang, yang berarti memasok 3% dari anjuran konsumsi sodium sehari untuk menjaga kerja otot dan level tekanan darah yang optimal.

(from: duniafitnes.com)

 

Hasil Penelitian Kandungan Gizi Pada Telur Bebek

Telur Bebek adalah bahan makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.  Telur Bebek mengandung energi sebesar 189 kilokalori, protein 13,1 gram, karbohidrat 0,8 gram, lemak 14,3 gram, kalsium 56 miligram, fosfor 175 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Telur Bebek juga terkandung vitamin A sebanyak 1230 IU, vitamin B1 0,18 miligram dan vitamin C 0 miligram.

Telur-Asin

Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Telur Bebek, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 90 %.

Informasi Rinci Komposisi Kandungan Nutrisi/Gizi Pada Telur Bebek :

Banyaknya Telur Bebek yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Telur Bebek yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Telur Bebek = 189 kkal
Jumlah Kandungan Protein Telur Bebek = 13,1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Telur Bebek = 14,3 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Telur Bebek = 0,8 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Telur Bebek = 56 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Telur Bebek = 175 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Telur Bebek = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Telur Bebek = 1230 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Bebek = 0,18 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Telur Bebek = 0 mg

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Hasil Penelitian Lain, Telur Bebek Versi DKBM P3G ’90 :

Banyaknya Telur Bebek yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Telur Bebek yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 90 %
Jumlah Kandungan Energi Telur Bebek = 202 kkal
Jumlah Kandungan Protein Telur Bebek = 12,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Telur Bebek = 16,4 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Telur Bebek = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Telur Bebek = 100 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Telur Bebek = 347 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Telur Bebek = 5,5 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Telur Bebek = 233 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Bebek = 0,3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Telur Bebek = 0 mg

Telur Bebek Dadar :

Nama Lain / Alternatif : Telur Itik Dadar
Banyaknya Telur Bebek Dadar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Telur Bebek Dadar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Telur Bebek Dadar = 301 kkal
Jumlah Kandungan Protein Telur Bebek Dadar = 20 gr
Jumlah Kandungan Lemak Telur Bebek Dadar = 23,7 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Telur Bebek Dadar = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Telur Bebek Dadar = 71 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Telur Bebek Dadar = 600 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Telur Bebek Dadar = 9,2 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Telur Bebek Dadar = 404 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Telur Bebek Dadar = 0,35 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Telur Bebek Dadar = 0 mg

Keterangan :

Riset/penelitian pada Telur Bebek yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.  Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi daftar komposisi bahan makanan Telur Bebek ini.  Semoga informasi kandungan gizi/nutrisi Telur Bebek ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

(Sumber : organisasi.org)

 

Manfaat Dan Kandungan Gizi Telur bebek

Manfaat dan Khasiat Telur Bebek Serta Kandungan Gizi Telur Bebek – Beberapa orang percaya bahwa telur bebek memiliki khasiat penyembuh. Seperti halnya telur ayam kampung, manfaat telur bebek juga dinilai mampu mengatasi masalah vitalitas seksual kaum pria. Mencoba mengonsumsi telur bebek yang dapat meningkatkan gairah seks pernah dibenarkan oleh Dr. Bambang Sukamto dari On Clinic Jakarta. Ini dikarenakan telur bebek banyak mengandung lemak dan protein yang mampu mendorong perkembangan hormon testosteron serta sperma. Itulah mengapa khasiat telur bebek baik untuk meningkatkan kinerja seks pria.

Mengenai manfaat telor bebek memang diyakini bisa dijadikan alat bantu menyembuhkan lemah syahwat. Namun, agar kasiat telur bebek tersebut bisa maksimal, sebaiknya yang dipilih adalah telor dari bebek kampung atau bebek yang dipelihara dengan cara alami, bukan dari peternakan bebek besar yang kemungkinan telah terkontaminasi zat kimia.

Para penderita lemah syahwat sebaiknya mengonsumsi dua butir telur sehari, diminum dengan campuran madu alami serta sayuran atau makanan yang mengandung zinc seperti kerang dan tiram. Makanan yang mengandung zinc membantu pertumbuhan hormon testosteron dan sperma.

Untuk variasi menu, kita juga dapat mencoba tradisi ala budaya Minang, yaitu: “Teh telur” dengan meramu khasiat telor bebek bersama teh manis. Caranya dengan menggunakan satu kuning telur bebek yang diberi gula sebanyak dua sendok makan lalu dikocok di dalam gelas lebih kurang 10 sampai 15 menit. Berikutnya tuang air teh panas. Orang Minang percaya, ramuan ini mampu mendongkrak libido dan gairah seks.

Sayangnya bagi penderita diabetes atau gangguan ginjal penggunaan ramuan ini justru malah bisa menyebabkan impotensi dan gangguan lain. Tetapi jika Anda tidak menderita kedua hal tersebut, maka lanjutkan dan rasakan khasiat dan manfaat telur bebek tersebut.

Berikut perbandingan kandungan gizi telur bebek dan telur ayam yang dikutip dari carakhasiatmanfaat.com:

Telur itik mengandung nutrisi dua kali lebih banyak daripada telur ayam, dan memiliki cangkang lebih tebal sehingga lebih awet masa simpannya. Hanya telur bebek yang baik untuk dibuat telur asin, karena selain cagkangnya lebih kuat, juga lebih besar, lebih kenyal, dan lebih enak hasilnya.

Telur itik lebih kaya akan Albumin, sehingga lebih pulen dan kering jika untuk membuat kue. Telur Bebek mengandung lebih banyak asam lemak Omega 3, yang penting untuk meningkatkan kesehatan otak dan kulit.

Telur Bebek lebih alkali, yaitu bisa membuat kondisi lebih basa. Ini merupakan manfaat yang besar bagi pasien kanker, karena sel-sel kanker tidak bisa berkembang dalam lingkungan alkali. Telur ayam justru membuat tubuh lebih banyak asam . Orang yang biasa alergi jika makan telur ayam, maka Telur itik tidak akan menimbulkan reaksi alergi bagi mereka.

Bebek biasanya diberi makan dengan jalan diangon dan diberi pejantan, sehingga telurnya lebih organik. Sementara telur ayam peternakan bertelur menggunakan obat (tanpa pembuahan), serta kemungkinan juga mengandung antibiotik dan obat-obatan lain. Jadi jelas, jika telur bebek lebih sehat.

Telur bebek memiliki perbandingan nutrisi 6x Vitamin D, Vitamin A 2x , dan 2x kandungan kolesterol daripada telur ayam. Vitamin E dalam telur bebek lebih banyak sekitar 75 % dari pada Vitamin E dalam telur ayam. Kabarnya juga telur itik lebih  tinggi vitamin K2, lebih tinggi kalori dan lemak untuk kuantitas berat yang sama.

Kuning telur bebek lebih gelap, ini menunjukkan kepadatan nutrisi yang lebih tinggi. 100 gr telur itik menyediakan sekitar 185 KCal energi, dan telur ayam adala149 KCal energi. Jadi jika Anda makan telur bebek, maka akan mendapat keuntungan selisih energi 34KCal. Kedua jenis telur ini memiliki kandungan karbohidrat yang sama, namun kadar protein sedikit lebih tinggi telur itik dibandingkan dengan telur ayam.

Dalam hal kandungan mineral keduanya sama yaitu selenium, mangan, seng, tembaga, kalium, natrium, fosfor, kalsium dan zat besi, hanya saja kadarnya lebih tinggi sedikit untuk  telur bebek.

Kedua jenis telur ini juga mengandung Vitamin B kompleks, vitamin D dan vitamin A, namun lebih banyak untuk telur bebek.

100 gm telur bebek mengandung sekitar 3,68 gram lemak jenuh, jauh lebih banyak dari telur ayam yang hanya 3,1 gr dalam telur ayam. Sementara itu kandungan lemak tak jenuh tunggal(lemak baik) telur bebek sekitar 50 % lebih banyak dari telur ayam.

Profil kandungan asam amino sama untuk kedua telur, akan tetapi telur bebek masih lebih banyak. Asam amino adalah termasuk  treonin, isoleusin, trytophan, leusin, metionin, lisin, sistin, tirosin, fenilalanin, valin, serin, glisin, prolin, asam aspartat, histidin, alanin, dan arginin.

(Sumber : tipsseputarkeluarga.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s