Cara Merawat Bebek Peking

Cara perawatan bebek peking yang baik sangat penting pada keberhasilan usaha peternakan bebek. Pengetahuan tentang cara merawat bebek peking tidak semua peternak dapat melakukannya dengan baik. Merawat bebek mulai dari usia DOD sampai dewasa mempunyai teknik dan gaya tersendiri.

Perawatan ternak bebek peking dapat dibagi menjadi 3 yaitu mulai dari fase starter, fase pertumbuhan dan fase layer / bertelur. Kita lihat satu persatu dibawah ini:

Perawatan Anak Bebek Peking (Starter)

Perawatan dimulai ketika itik Peking berumur 1 hari sampai umur 60 hari. Pada masa ini anak Itik dipelihara dalam kandang khusus memakai pemanas / induk buatan karena pada umur 1 – 14 hari anak itik tidak tahan dengan cuaca dingin karena belum tumbuh bulu merata di seluruh tubuh. Untuk pakan anak bebek diberi makan khusus yaitu pakan anak mempunyai kandungan protein sekitar 19 – 21 % kadar protein dan lebih dikenal dengan makanan “Starter”.

Kandang boleh dalam bentuk postal ataupun menggunakan kandang Box. Kalau kandang Box gunakan pada umur 1 – 14 hari sedangkan dari umur 15 – 60 hari gunakan kandang postal karena anak bebek sudah mulai besar .Kapasitas kandang pada periode ini sekitar 10 – 15 ekor / m2

Setelah umur 14 hari anak Itik Peking tersebut sudah mampu menahan hawa dingin sehingga tidak perlu lagi dibantu dengan  pemanas. Penempatan dikandang bisa dipelihara sampai umur 60 hari untuk pemeliharaan pembibitan, selanjutnya setelah umur 60 hari bebek dipindah ke kandang masa pertumbuhan (Grower).

Kalau untuk membuat bebek potong sama besar dimulai juga dari umur 0.

Perawatan Ternak Bebek Peking Masa Pertumbuhan (Grower)

Periode perawatan Bebek Peking pada masa pertumbuhan perlu memperhatikan bebek yang dipelihara, karena pada masa ini sedang memelihara Itik Peking betina yang nantinya sebagai pengganti bibit dan Bebek Peking pejantan pengganti.

Untuk bibit pengganti dipilih yang punyai keunggulan, baik jantan maupun betina dengan sex ratio 1 : 4 (1 Jantan 4 betina). Pada periode ini Itik yang dipelihara berumur antara 61 hari sampai dengan 150 hari, sedangkan kapasitas kandang pada masa ini sekitar 6 – 8 ekor/m2.

Pemeliharaan Perawatan Bebek Peking Masa Bertelur (Bertelur)

Bebek Peking berumur 5 bulan atau lebih baik bebek jantan maupun betina dapat dikatakan sebagai Itik Layer karena pada masa ini fisik Itik sudah bersiap-siap memproduksi telur. Masa bertelur mulai umur 5,5 bulan atau 6 bulan, tetapi secara umum masa mulai bertelur normal pada umur 6 bulan.

Bebek ini ditempatkan pada kandang khusus yaitu kandang Itik dewasa. Kadang Itik dewasa dilengkapi dengan tempat bertelur serta kandang umbaran atau lapangan tempat bermain. Kadang juga dilengkapi dengan kolam atau saluran air yang berfungsi untuk mandi Itik dan mendinginkan tubuh pada saat siang hari. Perbandingan jantan dengan betina 1 : 4 (1 jantan 4 betina).

Demikian cara memelihara dan perawatan Bebek Peking mulai dari anak sampai bebek siap bertelur atau dipotong untuk pedaging.

(sumber: budidayausaha.blogspot.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s